Trik Mempercantik Foto menggunakan Aplikasi Snapseed

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi edit foto yang bagus untuk bisa kalian gunakan, beberapa aplikasi tersebut sudah tayang pada artikel-artikel sebelumnya. Kalian bisa langsung Previous ke beberapa artikel yang ada di website ini. Untuk yang paling populer saat ini adalah Aplikasi Snapseed. Aplikasi sendiri berhasil untuk memperoleh lebih dari 100 juta para pengunduh di Google Playstore sejak pertama kalinya sudah dirilis dari tanggal 6 Desember tahun 2012 silam. 

Dengan kalian bisa menguasai berbagai macam Trik Snapseed, dijamin foto-foto kalian akan jauh lebih kece dibanding dengan sebelumnya. Banyak sudah selebgram yang mana menggunakan adanya aplikasi ini juga Lho untuk memperbagus semua foto yang ditaruh di Feed Instagram mereka masing-masing. Nah kira-kira, apa saja sih trik untuk bisa mengedit foto dengan menggunakan Aplikasi Snapseed tersebut ? 

Kuasai Elemen-Elemen Dasar di Snapseed 

Sebelum kalian bisa menuju ke trik yang advancenya, maka disini kalian bisa langsung menguasai elemen dasarnya lebih dahulu. Disini kalian bisa langsung saja membuka aplikasi Snapseed lebih dulu dengan menggunakan Tune Image. Berikut ini ada berbagai macam opsi editing yang bisa kalian pilih. 

1.1 Brightness : opsi yang bisa kalian pilih dalam menerangkan dan juga menggelapkan foto. Kalian bisa geser langsung ke kanan untuk menerangkan dan geser saja ke kiri untuk langsung menggelapkan foto. 

2.2 Contrast : hal ini bisa mengacu pada perbedaan antara piksel terang & gelap. Gambar pada kontras yang rendah sudah memiliki rentang warna yang sempit, sementara dengan kontras tinggi bisa memiliki Highlight terang dan bayangan gelap. Gambar dengan adanya kontras yang tinggi akan jauh terlihat lebih keras, sementara kontras rendah akan terlihat lebih lembut. 

3.3 Saturation : disini kalian bisa langsung saja menggeser ke kanan untuk membuat warna terlihat jauh lebih menyala dan juga hidup. Sementara menggeser ke kiri yang akan membuat saturasi berkurang dan warna terlihat jadi lebih pudar. Jika kalian menggeser sampai dengan nilai 100, maka warna akan tidak terlihat sama sekali atau Monokrom. 

4.4 Ambiance : ini menjadi tools editing menjadi fungsi untuk mengontrol adanya keseimbangan cahaya dalam foto. Disini kalian bisa geser ke kanan untuk membuat warna jauh lebih Vibrant dan juga geser ke kiri untuk membuat subjek menjadi jauh lebih gelap dan memunculkan bayangan yang ada. 

5.5 Highlight ; fiturnya akan mampu untuk mencerahkan adanya area gelap di foto dan akan membuat warna sedikit pudar jika digeser ke kanan. Sementara, jika digeser langsung ke kiri maka akan langsung menggelapkan area terang dan mampu memunculkan lebih banyak lagi detail foto yang ada. 

6.6 Shadows : fiturnya memang memiliki fungsi untuk mereduksi atau untuk mengurangi bayangan yang ada di dalam foto. Geser langsung ke kanan untuk mengurangi adanya bayangan dan juga bisa geser ke kiri untuk mempertegas bayangan yang ada. 

7.7 Warmth : cara kerjanya memang sama saja dengan White Balance atau keseimbangan suhu. Jika nantinya digeser ke kanan maka gambar yang ada akan terlihat lebih hangat dengan adanya hit warna kuning. Sementara jika di geser ke kiri maka gambar yang ada akan jauh lebih dingin dengan hint Warna biru tersebut. 

Menajamkan Foto dengan Tools Mendetail 

Jika disini foto kalian kurang tajam ? maka kalian bisa memilih opsi Detail dalam mempertegas dan bisa membuat subjek jauh lebih menonjol adanya. Hanya terdapat 2 Opsi Detail yang bisa benar-benar kalian pilih yakni Structure yang mana mampu untuk meningkatkan detail gambar yang ada. Menampilkan adanya tekstur objek di seluruh foto namun tanpa benar-benar memengaruhi tepi objek dan juga Sharpening untuk bisa menajamkan gambar yang ada. 

Untuk Structure ini akan langsung Geser Ke Kanan dalam membuat warna dan detail jauh lebih Pop Out serta bisa mempertegas bayangan yang ada. Disini kalian juga bisa mengurangi detail – lalu bayangan dan juga bisa meminimalisir warna dengan menggeser ke sebelah kiri. Sementara itu, kalian bisa menajamkan langsung foto dengan Sharpening dari +1 sampai dengan +10. Lakukan semau kalian lakukan ! 

Tunjukan Area Spesifik pada Gambar dengan Selective 

Jika kalian ingin mengedit adanya bagian yang spesifik pada foto ? seperti bagian Background yang terlalu terang dan objek Utama foto sangat amat gelap. Maak disini kalian bisa saja memakai fitur dari Selective. Dengan ini kalian bisa langsung mengedit adanya area tertentu digambar dan tidak benar-benar memengaruhi area lainnya. Ada berbagai macam pilihan untuk bisa mencerahkan – untuk mampu mengatur Kontras – untuk mengatur Saturasi dan juga Struktur yang nyata. 

Dengan adanya tools in maka, kalian bisa untuk mengatur ukuran pusat atau area yang diseleksi dimulai dari jangkauan yang mana paling kecil, hingga yang paling luas +1 – +100. Untuk bisa mengatur area yang telah diseleksi, maka cubit foto untuk bisa memperkecil dan memperbesar. Jadi, disini kalian bisa menyeimbangkan area gelap dan juga terang foto yang sehingga mampu untuk menonjolkan hal tersebut. 

Mengedit Area Selektif bisa juga dengan Brush 

Selain tadi adanya Tools Selective, ternyata kalian bisa mengedit area selektif dengan Brush. Ada berbagai macam kuas yang bisa kalian pilih, seperti halnya : Terang Gelap, Pencahayaan, Suhu dan juga Saturasi. Maka disini kalian bisa saja memperkecil atau memperbesar adanya ukuran kuas. Lalu disini kalian bisa sapukan kuas itu apda area foto yang kalian ingin edit. Ini saran dari laman Beebom yang dikutip langsung oleh idntimes.com. 

Dengan mengedit memakai Brush ini, amka bisa dikatakan lebih Tricky. Sebab disini kuas yang akan diusap bisa saja mengenai objek lain yang memang tidak kalian inginkan. Maka dari itu, coba saja perbesar gambar agar kuas hanya bisa mengenai Objek Lain yang tidak kita inginkan. Maka dari itu, coba saja kalian perbesar gambar dengan kuas hanya mengenai area yang kita inginkan. 

Hilangkan Objek yang tak diinginkan dengan Healing 

Jika kalian sedang berfoto pada objek wisata yang ada, dan kalian menemukan ada banyak sekali orang-orang tak jelas sebagai background kalian. Disini kalian bisa menggunakan Tools Healing untuk bisa menghilangkan adanya objek yang tidak diinginkan. Cukup dengan sekali sentuh saja objek ini, akan mampu hilang dengan sendirinya. Namun harus lebih teliti lagi ya saat menghapusnya, karena jika sembarang saja nantinya akan terlihat jelas kalian memanipulasi foto tersebut. 

Menggabungkan 2 Foto dengan Double Exposure 

Kali ini kalian bisa langsung menggabungkan 2 foto dengan memakai aplikasi Snapseed, gunakan saja Double Exposure. Disini kalian bisa langsung saja menggabungkan 2 gambar secara bersamaan. Kalian mampu untuk mengatur sesuai keinginan kalian. Caranya : (1) putihkan Background yang ada, (2) Gelapkan pada bagian Objek Utama, (3) tumpuk saja dengan gambar lain yang memang kalian inginkan. Lalu otak atik saja sesuka kalian dengan tools yang sudah tersedia seperti : Lighten – lalu Darken – Add – Subtract dan juga Overlap. 

Yuk Blurkan Latar Belakang dengan Penggunaan Lens Blur 

Terakhir kalian bisa menggunakan tools Lens Blur ini. Disini kalian bisa langsung saja pilih objek yang akan kalian inginkan agar nantinya tetap tajam sekali dan arahkan saja titik biru pada objek tersebut. Maka disini otomatis Background akan menjadi blur. Fitur ini sangat amat cocok untuk kalian yang merasa tidak akan puas dengan Bokeh yang dihasilkan oleh kamera. Disini terdapat 3 opsi dalam fitur Lens Blur seperti : Blur Strength – Blur Transition and Vignette. Hal ini bisa langsung saja dipakai untuk membuat blur menjadi semakin halus yang akan dimulai langsung dari +1 sampai +100. Sementara, Transition bisa saja dipakai untuk memperbesar maupun memperkecil ukuran dari objek yang kalian ingin fokuskan. Lalu untuk Vignette, bisa dipakai langsung untuk memberikan bayangan hitam yang ada di sekeliling objek foto yang kalian miliki. 

 

Selamat Memahami dan Mencoba Trick yang kami berikan ini !